Senin, 25 Agustus 2014

Jaman gue anak-anak dan jaman anak-anak sekarang

oke gini, sekali lagi gue jelaskan gue jadi instruktur buat anak Sekolah (SMP/SMK/SMA) . Gue jadi banyak bergaul sama anak-anak sekolah dan jujur gue rindu masa-masa gue anak-anak, kenapa? Oke deh sekarang teknologi udah maju, jaman udah berubah dan udah permainan tradisona sudah banyak tersingkir. Jaman gue SD, gue masih maen kelereng, gatrik, lompat karet (ini biasa yang maen cewek tapi gue suka ikutan *yaudahsih*), galah asin, benteng-bentengan, petak umpet terus apa tuh yang nyanyinya “ular naga panjangnya bukan kepalang berjalan-jalan selalu kian kemari umpan yang lezat itulah yang di cari” terus yang nyanyi sambil nepok tangan ke temen di samping ‘do mi ka do mi ka do es ka es ka do es ka do bea beo” ya pokoknya gitu deh. Banyak permainan di atas udah tersingkir ama majunya teknologi. Anak-anak sekarang beranggapan permainan jaman sekarang lebih memacu kerja otak dan bisa berfikir kedepan kayak game Age of Empire (ini udah ada dari dulu sih) atau Point Blank atau DOTA (iya bukan sih? Gue gak pernah maen game ini). Oke gue mengiyakan game-game strategi itu bagus tapi gue gak sepenuhnya mengamini, kenapa? Karena permainan dulu juga ada yang ngatur strategi bahkan mengolah otot. Kalo gak percaya tanya anak-anak yang idup tahun 90an deh. Kalo gak percaya juga mari kita bahas permainan-permainan indah yang pernah gue alamin

1.Petak Umpet (bahasa inggrisnya hide and seek *anggep aja bener*)
permainan ini di lakukan biasanya lebih dari 3-4 orang. Peraturan di berbagai daerah beda tapi intinya sama harus ada POS (tempat jaga) dan area yang luas (buat ngumpet). Satu orang berjaga di pos dan sisanya ngumpet sampai “si penjaga” beres ngitung, itungannya bisa 1-100 atau kurang tergantung hasil musyawarah mufakat *tsah* (biasanya sebelum ngitung, di undi dulu) nah kita bahas kelebihan permainan ini
a.  melatih otot kaki
     orang yang ngumpet harus lari kalo ketauan dan buru-buru nyampe POS kalo ketauan yang jaga klo keduluan ya udah jelas yang megang ketauan harus jaga
b. ngelatih jadi intel
    oke deh jadi intel agak berlebihan. Tapi intinya harus nyari tempat bersembunyi paling aman sampe pada waktunya bisa nyentuh pos dan menang *hore*, menang di sini tuh yang jaga pertama ya kembali berjaga lagi. Nah liat anak-anak jaman dulu udah di latih jadi pasukan yang hebat lewat permainan ini
2. galah asin (bahasa inggrisnya itu gue gak tau -_-)
 Ini permainan biasanya di lakukan oleh dua tim, tim pertama jaga dan tim kedua jaga pola permainannya tuh gini nih contohnya


Anggep area kuning itu start dan finish area biru itu check point lalu kotak kecil di garis adalah tim penjaga dan lingkaran adalah tim menyerang. Nah permainannya si tim penyerang harus pergi ke check point (area biru) dan balik lagi ke area kuning tanpa tersentuh oleh tim penjaga. Gue gak perlu bahas hebatnya permainan ini yang jelas ini penuh strategi dan skil dari individu dan tim. Setuju?

3. Gatrik (bahasa inggrinya no trick *boong deng*)
ini permainan pake bambu atau kayu biasanya satu batang panjang (buat mukul atau tongkatnya) dan satu kayu pendek (buat di pukul atau sasaran). Ini permainan susah di jelasin intinya tetep ada dua tim dan permainannya mukul kayu sejauh-jauhnya. Tim yang kalah biasanya (kaol daerah gue) di suruh jalan jinjit sampe tempat awal mukul kayu. Jangan di tanya ini ngelatih skil atau enggak, ini juga komplit karna harus ngelatih strategi dan kecepatan.

oke gue bahas itu aja ya, sebenernya banyak permainan jaman gue yang emang ngelatih banyak skil dari mulai otot, reflek, otak dan insting. Kalo menurut lo di jaman gue gak ada yang ngelatih skil tangan dan ngitung, lo salah. Ada encrak dan congklak yang super efektif ngelatih skil tangan dan otak, ini biasanya permainan cewek dan lo bisa tau kenapa ibu-ibu sekarang pada jago masak dan pinter ngurus keuangan, itu karena permainan mereka di jaman dulu udah ngelatih skil mereka (ini gue ngasal tapi kayaknya gitu)
Gue rindu bau matahari dan bau berbagai pohon jaman dulu, gue rindu bau tanah yang kena ujan waktu gue ujan-ujanan, gue rindu bau padi waktu gue nyari belut di sawah. Buat anak-anak sekarang yang belom pernah ngalamin ini semua, demi apapun kalian rugi. Oke gue gaptek dan kurang tau permainan dari gadget jaman sekarang tapi gue tau indahnya berkotor-kotoran tanah dan bau keringat saat terjemur matahari

masih ada yang tau walkman?
anak-anak sekarang pasti aneh kalo di sodorin benda ini dan bilang primitive, tapi suara pita kaset yang di puter saat nge replay lagu itu menurut gue indah

semoga memori indah ini gak bakal ilang atau sirna karena gue harus cerita ke anak cucu gue nanti kalo jaman kakek atau jaman bapakmu ini amat menyenangkan.buat generasi gue tolong jaga alam dan biarkan generasi selanjutnya menghirup udara segar walau tak sebersih dulu tapi jangan biarkan mereka jadi tak bisa merasakan segarnya udara ( yang sebenernya sudah kotor) saat ini. Menjaga itu emang susah, tapi kalo kita mau pasti bisa ko

Stay in my blog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar ^_^