Rabu, 18 April 2012

krisis cita-cita

hampir setia anak di dunia ini punya cita-cita. ada yg pengen jadi dokter, tentara, guru dan presiden (ini cita-cita umum anak SD) ketika berenjak dari SD ke SMP biasanya jawaban berubah dan anak SMP punya jawaban yg benar-benar standar "saya ingin jadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa". ya memang banyak banget anak SMP yang jawab kaya gitu, kadang anak SMA juga jawab kayak gitu. bukan berarti mereka terlalu berbakti kepada negara tapi bisa juga mereka sendiri bingung mao jadi apa
gue pernah iseng nanya sebutir anak SD yg punya jawaban fantastis tentang cita-citanya
gue : de, kamu kalo udah gede mao jadi apa?
anak SD : pengen jadi pengangguran kayak om ***** soalnya santai kerjanya gak ngapa-ngapaiin cuma tidur-tiduran 
gue : ".................."  
gimana negara ini mao maju kalo jawaban anak SD aja kayak gitu. untung aja dia gak jawab pengen jadi koruptor. kalo pun ada yang jawab pengen jadi koruptor pasti udah gue ruqyah di tempat


kata nyokap, dia gak pernah tau apa cita-cita gue (gue juga bingung) kata nyokap tiap ada sodara atau temen-temen nyokap nanya ke gue (waktu gue TK-SD) "bintang cita-citanya mo jadi apa?" gue cuma cengengesan. gue sebenernya percaya gak percaya kalo waktu kecil gue jawab gitu, tapi ampe sekarang gue sendiri masih bingung mao jadi apaan. padahal ade gue punya cita-cita yang bertahap (ya benar BERTAHAP)
waktu TK-SD ade gue pengen jadi satpam, terus berubah dia pengen jadi polisi nah pas SMP dia berubah haluan pengen jadi tentara ampe sering nanya gue (dan orang-orang di sekitarnya) gimana caranya biar bisa jadi tentara. tapi harapan dia putus setelah mengetahui bahwa mata dia min dan sekarang pake kaca mata. jadi cita-cita dia pun berubah sekarang pengen jadi dokter.kurang keren gimana cita-cita dia? sedangkan gue? cita-cita gue masih "cengengesan"
sekarang gue kuliah di jurusan akuntansi dan berharap bisa bekerja sebagai akuntan, walaupun gue masih bingung apa cita-cita gue sebenarnya.
satu cita-cita gue yang sempat muncul saat kelas 2 SMA "gue pengen jadi cowok yg baik dan keren kayak almarhum bokap gue" (mungkin ini satu-satunya cita-cita yang gue tau)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar ^_^